Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan kemuliaan, salah satunya adalah terdapat beberapa peristiwa penting yang terjadi di bulan Ramadhan. Sahabat Alif, sudah tahu belum peristiwa-peristiwa bersejarah terjadi pada bulan Ramadhan? Kali ini Alif akan memberitahu 3 peristiwa penting yang terjadi di bulan Ramadhan:

1. Turunnya Kitab Suci Al-Quran

Nabi Muhammad SAW pertama kali mendapat wahyu pada usia 40 tahun tepatnya pada tanggal 17 Ramadhan 13 tahun sebelum masehi. Al-Quran diturunkan kepada Rasul sebagai petunjuk untuk manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pemisah antara yang benar dan salah.

شَهۡرُ رَمَضَانَ الَّذِىۡٓ اُنۡزِلَ فِيۡهِ الۡقُرۡاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَ بَيِّنٰتٍ مِّنَ الۡهُدٰى وَالۡفُرۡقَانِۚ فَمَنۡ شَهِدَ مِنۡكُمُ الشَّهۡرَ فَلۡيَـصُمۡهُ ؕ وَمَنۡ کَانَ مَرِيۡضًا اَوۡ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنۡ اَيَّامٍ اُخَرَؕ يُرِيۡدُ اللّٰهُ بِکُمُ الۡيُسۡرَ وَلَا يُرِيۡدُ بِکُمُ الۡعُسۡرَ وَلِتُکۡمِلُوا الۡعِدَّةَ وَلِتُکَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰٮكُمۡ وَلَعَلَّکُمۡ تَشۡكُرُوۡنَ

“…….(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)…” (QS. Al Baqarah: 185)

2. Fathul Makkah

Pembebasan kota Mekkah atau yang sering disebut dengan Fathul Makkah. Peristiwa ini terjadi pada 630 M, tepatnya pada tanggal 20 Ramadhan 8 H. Pada tanggal tersebut, Rasulullah SAW beserta sahabatnya berhasil menakhlukan kota Mekkah sekaligus menghacurkan berhala yang ada di dalam atau pun sekitar Ka’bah.

Peperangan tersebut dipicu oleh perlakuan orang Quraisy yang merusak satu perjanjian dari beberapa perjanjian Hudaibiyyah. Orang Quraisy berkomplotan dengan kabilah lainnya untuk memerangi orang-orang yang berdamai dengan Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW beserta 10.000 pasukan muslim bergerak dari Madinah menuju Mekkah. Ketika memasuki Kota Mekkah Nabi membagi dua pasukan, yaitu Khalid bin Walid ditempatkan di sayap kanan melalui daratan rendah. Sementara Zubair bin Awwam memimpin pasukan sayap kiri melalui daratan tinggi. Lalu, Nabi Muhammad SAW mengitari Ka’bah dan takbir di setiap sudutnya. Alhamdulillah pasukan Muslim berhasil menakhlukan kaum Quraisy. Sejak saat itu, Mekkah menjadi kota yang suci dan dimuliakan oleh Allah SWT.

3. Perang Badar

Peristiwa penting ketiga adalah Perang Badar atau yang sering dinamakan Ghawzah Badr al-Kubra. Perang ini merupakan pertempuran besar pertama antara umat Islam melawan musuh-musuhnya. Pertempuran ini juga menjadi pembeda, menandai awal kejayaan kaum Muslim.

Pertempuran ini terjadi pada hari Jumat tanggal 17 Ramadhan 2 H. Pasukan kaum muslimin berjumlah 313 orang, sedangkan pasukan Quraisy berjumlah 950 orang. Dalam keadaa berpuasa, pasukan Muslim menghacurkan barisan pertahanan pasukan Quraisy, yang kemudian mundur dalam kekacauan.

Tercatat dari pasukan Muslim, gugur 14 orang syahid. Sedangkan dari pasukan orang Kafir terbunuh 70 orang termasuk Abu Jahal.