Oleh: Fauziyah Nur Andini (Pengajar ALIF IQRA Regional Bekasi)

Bismillah, Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Salam kenal Sahabat Alif, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu sehat ya. Walaupun belum bisa main kuluar rumah. Kita sama-sama berdoa yuk semoga keadaan cepat pulih seperti sedia kala ya, aamiin.
Perkenalkan nama Miss Fauziah Nur Andini, biasanya kalau di Alif Iqra Miss dikenal dengan panggilan Miss Andin dari regional Bekasi. Miss bergabung di Alif sejak Maret 2019. Alhamdulillah sampai saat ini happy sekali bisa jadi bagian dari Alif Iqra. Banyak pengalaman yang aku dapat tentunya dan ingin rasanya bisa saling bertukar cerita bersama Sahabat ALIF semua.
Oiya Sahabat Alif, sudah tau belum meski dalam masa pandemi covid-19 ini ALIF IQRA tetap mengadakan kelas lho, ida pembelajaran daring atau Online Learning with Alif Iqra. Walaupun kita berbatas jarak tetapi kami para guru tetap semangat untuk bisa mengajar adik-adik ALIF di rumah. Nah, hari ini Miss Andin mau berbagi sedikit pengalaman dalam mengajar online ya.
Mengajar adalah adalah sebuah tantangan untuk Miss Andin. Setiap murid tentu memiliki tantangan sendiri. Ada murid dengan karakter ceria, mudah bergaul dengan orang baru, dan memiliki rasa ingin tahu yang besar. Ada juga murid dengan tipe yang cukup moody, ada juga yang menyukai tantangan. Menghadapi murid yang berbeda sifat seperti ini maka berbeda pula cara kita menanganinya, dan berbeda pula cara kita mengajarnya.
Nah Miss Andin mau cerita dulu nih sebelumnya. Pernah suatu kali aku mengajar murid tapi ternyata dia baru bangun tidur dan habis menangis. Moodnya pada saat itu sedang tidak baik, dia hanya duduk di sofa dan diam saja tidak mau mengaji sama sekali. Aku bertanya pun dia tidak mau menjawab. Pada saat itu aku bawa crafting tentang hewan ciptaan Allah, jadi tugasnya adalah menentukan hewan tersebut adalah hewan darat, laut, atau hewan yang terbang di langit. Aku tunjukkan beberapa gambar hewan tersebut dan Alhamdulillah ternyata itu menarik baginya. Setelah itu ia mau mengaji dan membuat crafting tersebut.
Banyak pengalaman lainnya yang mungkin di lain waktu bisa aku ceritakan kembali Insya Allah. Selain dari itu, alasannya aku ragu dalam memilih kelas online adalah aku takut tidak bisa memberikan pengajaran yang baik dan nyaman untuk muridku. Online Learning ini membuat aku berpikir kembali kira-kira metode fun learning seperti apa yang kira-kira bisa pas untuk digunakan.
Nah ini adalah beberapa pembelajaran online learning yang sudah Miss Andin coba untuk Sahabat ALIF selama pembelajaran online learning smog bermanfaat untuk kakak-kaka pengajar lainnya ya :

1. Murojaah Surat Pendek dan Doa Harian dengan Wheel of Name :
Aku mencari tahu aplikasi-aplikasi apa yang dapat membantu proses mengajarku. Pada saat itu aku terpikirkan dengan sebuah aplikasi online yaitu Wheel Of Name. Aplikasi ini biasanya dimanfaatkan untuk membuat kelompok, tapi pada saat itu aku coba ubah fungsinya menjadi alat untuk membantu murid muroja’ah atau mengulang hafalan.

Nah, ini contohnya. Jadi aku mengubah dalamnya dengan memasukkan beberapa pertanyaan yang dapat aku ajukan kepada muridku. Seperti membaca surat Al-kafirun, kemudian do’a turun hujan, dan lain sebagainya. Alhamdulillah pertama kali aku coba aplikasi ini ternyata muridku senang bukan main. Ia merasa mendapat tantangan ketika harus menjawab soal random yang aku berikan.

2. Islamic Quiz with Kahoot.com
Selain aplikasi ini, aku juga mencoba aplikasi lain seperti kahoot.com. Dimana aplikasi ini dapat kita manfaatkan untuk review pembelajiran melalui menjawab soal yang ada. Biasanya aku menggunakan aplikasi ini setelah memberikan muridku film pendek berupa kisah nabi atau film lainnya. Jadi aplikasi ini bisa kita manfaatkan untuk melihat seberapa paham murid kita terhadap film atau cerita yang kita berikan. Aplikasi ini juga mudah ketika kita gunakan, kita dapat membuat soal sendiri dan model soal seperti apa.

Ini beberapa soal yang pernah aku coba buat. Alhamdulillah setiap aku buat soal ini muridku cukup semangat bahkan terkadang ia meminta soal tambahan. Dari hasil ia menjawab soal ini kita dapat lihat apakah murid kita paham dengan apa yang kita ceritakan.

3. Interactive PPT untuk review Reading Session
Kebanyakan peseta didik kurang suka jika belajar terlalu monoton dengan buku.
Nah untuk berberapa anak sepreti ini, Akhirnya aku mencari cara untuk anak mau membaca tanpa media buku. Aku ingat ia menyukai mobil-mobilan, jadilah aku buat power point dengan memanfaatkan animasi yang ada.

Tampilannya seperti ini, jadi temanya adalah “Car Parking!”. Dalam permainan ini aku mengajak muridku ini untuk memparkirkan setiap mobil di slot parkir yang tersedia. Ia akan membaca setiap tulisan yang ada di slot parkir, dan ketika ia berhasil maka mobil akan terparkir. Aku sengaja memasukkan beberapa mobil yang ia sukai, seperti beberapa tipe mobil Lamborghini yang cukup ia pahami.
Banyak lagi aplikasi yang dapat kita gunakan sebenarnya. Hanya saja baru ini yang aku coba ke muridku dan Alhamdulillah belajar online pun dapat dijalankan dengan baik. Dari pengalaman mengajar ini poin Penzing dalam mendukung suksesnya proses pembelajaran adalah penting untuk dapat mengenali murid kita, apa yang ia sukai dan hal apa yang menarik buat dia. Karena ketika kita bisa memahami hal tersebut kita kemudian bisa membuat rencana pembelajaran yang pas untuk murid sehingga insyaAllah murid jadi fun dan semangat dalam belajar. Bagi aku ketika murid semangat belajar dan bisa ceria banget itu menular banget buat kita. Aku jadi ikut semangat dan terkadang tersenyum sendiri mengingat betapa menggemaskannya sikap mereka ketika belajar.
Mungkin sampai sini dulu yaa cerita pengalaman mengajar Miss Andin, besar harapan kita bisa saling bertukar cerita dan pengalaman. Mungkin diantara sahabat Alif ada yang ingin berdiskusi dan saling bercerita bisa hubungi aku via instagram di @ziandini. Terimakasih semua sudah mau membaca sedikit cerita pengalaman aku, semoga bermanfaat ya. Sampai jumpa lagi.
Wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Best Regards,
Miss Andin <3