Sahabat Alif sudah tahu belum tanggal berapa peringatan Isra Mi’raj pada tahun 2023 ini ? Yaps, Isra Mi’raj diperingati pada tanggal 27 Rajab yang jatuh pada tanggal 18 Februari 2023.

Isra Mi’raj ini merupakan peristiwa yang penting bagi umat Islam karena terdapat perintah Allah SWT untuk melaksanakan sholat 5 waktu. Setelah Nabi Muhammad SAW melaksanakan perjalanan Isra, Allah SWT memerintahkannya untuk ke Sidratul Muntaha. Hal inilah awal mula perjalanan Mi’raj Rasulullah SAW ke lapisan tujuh langit. Pada setiap lapisan langit, Nabi yang dijuluki dengan Khotamul Anbiya” ini bertemu dengan nabi-nabi terdahulu.

Peristiwa bersejarah ini juga merupakan terjadinya sejarah perintah sholat yang awal mulanya 50 kali dalam sehari menjadi 5 kali dalam sehari. Nah, penting bagi kita sebagai umat muslim untuk mengetahui sejarah perintah sholat 5 waktu tersebut. Terutama untuk Ananda di rumah yang sedang antusias belajar sholat, perlu dikenalkan dengan peristiwa penting ini.

Tips Belajar Isra Mi’raj Yang Asyik Bersama Ananda di Rumah

Pertama adalah belajar sambil bermain tentang pengenalan peristiwa Isra Mi’raj. Pilih permainan yang ananda gemari atau yang sedang Ananda sering lakukan. Jangan lupa libatkan Ananda dalam permainan tersebut dan kasih kesempatan Ananda untuk mencoba atau menyelesaikan permainan tersebut. Ayah, Bunda, dan Sahabat Alif di rumah juga bisa menggunakan Mi’raj Ladder yang bisa diakses di TST. Mi’raj Ladder ini bisa digunakan untuk menceritakan perjalanan Mi’raj Rasulullah menuju Sidratul Muntaha.

Selain itu, metode yang bisa dilakukan adalah memperkenalkannya secara bersama-sama. Pembelajaran bisa dilakukan bersama adik atau kakak di rumah, atau dengan teman-teman bermain Ananda. Hal ini biasanya akan memicu semangat Ananda untuk belajar bersama-sama loh. Ayah, Bunda, dan Sahabat Alif bisa menggunakan materi TST tentang Perintah Sholat dalam Isra Mi’raj. Disini Ananda bisa dijelaskan proses Rasulullah ketika diberi perintah untuk melaksanakan sholat dari yang 50 kali dalam sehari sampai akhirnya menjadi 5 kali dalam sehari.

 

Nah yang terakhir, Ayah, Bunda, dan Sahabat Alif bisa mengenalkan 3 Masjid yang Istimewa bagi umat Muslim sebelum menceritakan peristiwa Isra Mi’raj. Ketiga Masjid ini adalah Masjidil Haram, Masjid Nabawi, dan Masjidil Aqsa.

Tentunya ketiga materi tersebut bisa Ayah, Bunda, dan Sahabat Alif akses di website alidiqra.id/TST

Selamat Mencobaa 🙂