Assalamualaikum Ayah, Bunda dan sahabat Alif Inodensia! Tahu gak sih hebatnya apresiasi terhadap anak? Sebelum kita membahasa lebih jauh mengenai manfaat apresiasi kepada anak, sini Alif jelasin dulu ya apa itu apresiasi? Apresiasi sendiri, merupakan proses penilaian atau penghargaan positif yang dilakukan oleh seseorang terhadap sesuatu. Atau dapat kita sederhanakan yaitu bentuk penghargaan atas usaha seseorang. Terbukti bahwa anak yang suka diberikan apresiasi 3-5 kali lipat lebih kreatif dan cerdas dibandingkan anak yang tidak mendapatkan apresiasi. Akan tetapi, apresiasi yang diberikan kepada anak juga tidak boleh berlebihan ya Ayah, Bunda, dan Sahabat Alif. Karena Apresiasi yang berlebihan kepada anak pun bisa berdampak buruk.

Apresiasi yang tulus dan tepat yang diberikan oleh orang tua terhadap anak memiliki peranan yang sangatlah penting bagi tumbuh kembang si anak. Berikut adalah 7 manfaat dari apresiasi terhadap anak:

  1. Anak menjadi lebih semangat dalam meningkatkan keterampilan dan kreativitasnya,
  2. Anak menjadi senang dan terhindar dari rasa stress,
  3. Apresiasi yang diberikan menjadi motivasi anak untuk belajar,
  4. Meningkatkan rasa percaya diri anak yang menyebabkan anak menjadi lebih mandiri,
  5. Membangun kepedulian dan kepekaan terhadap lingkungan di sekitarnya,
  6. Menghindarkan anak dari perbuatancurang untuk mendapatkan hasil yang baik,
  7. Mempererat ikatan orang tua dan anak.

Maka dari itu Ayah, Bunda, dan Sahabat Alif Indonesia, dalam hal untuk mengapreasiasi anak dalam mengaji, Alif Iqra kembali mengadakan agenda tahunan yaitu “STUDENT APPRECIATION DAY 2022” (SAD 2022). Selain untuk mengapresiasi juga untuk memberikan motivasi kepada Sahabat Alif supaya selalu mempunyai goals atau tujuan dan selalu semangat untuk mencapai tujuannya.

Nah Ayah, Bunda, dan Sahabat Alif jangan sampai ketinggalan ya. SAD 2022 akan diselenggarakan pada tanggal 17 Desember 2022, pukul 09.00-15.00 WIB. SAD 2022 terdapat 2 sesi, sesi pertama diselenggarakan pukul 09.00-12.00 WIB dan sesi kedua pukul 13.00-15.00 WIB. Kami tunggu kehadirannya ya 🙂

Sumber:

Fang, H. & Qingfang, C. (2016). Appreciation Makes Students Grow Healthy and Self-confident. China.

https://www.littlethingsmatter.com/blog/2010/02/24/the-power-of-showing-your-appreciation/

https://www.ibudanbalita.com/artikel/7-manfaat-memberikan-apresiasi-pada-anak#:~:text=Sebagai%20Motivasi%20Belajar%20Anak&text=Apresiasi%20ibarat%20sebuah%20dukungan%20yang,Ibu%20peduli%20terhadap%20perkembangan%20dirinya

https://parentingscience.com/effects-of-praise/

[/fusion_text][/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]