Cara-cara bermain  Kartu Hijaiyah Memori ALIFIQRA

Introduction

ALIF IQRA Hijaiyah Memory Card is consist of 60 cards. 30 card of Hijaiyah Letters and 30 Cards of Hijaiyah Visual association. These 60 cards can be played on three different ways.

Pengantar

ALIF IQRA Kartu Memori Hijaiyah terdiri dari 60 kartu. 30 Kartu Hijaiyah Huruf dan 30 Kartu Hijrah Visual Hijaiyah. 60 kartu ini dapat dimainkan dengan tiga cara berbeda.

Memory Hijaiyah

Benefit

Memorization games are considered one of the best practices of ensuring kids brains are working at their optimum. They have even been found to have beneficial effects on dyslexic kids in terms of increasing their cognitive development, attention, brain activity, working memory, recall, and reading performance.

To play

  1. Ensure your set of cards contains all matching pairs.
  2. Shuffle and spread all cards out on a flat surface, face down.
  3. Shuffle the cards, the number of cards must be even
  4. Lay the cards face down in two rows
  5. Cards are ready to play! Open two random cards, if the same then leave the cards open
  6. Players take it in turns to choose any two cards. Make a successful match and you get to take another turn. No match, the cards are returned to their original position.
  7. Repeat the third and fourth steps until all the cards are paired
  8. If more than one person is played, the winner is the one who finds the most pairs of cards
  9. Success in Memory relies upon children remembering where they have seen each picture in previous turns – both those and those of the other players.
  10. The winner is the person who has matched the most pairs.

Variation

With younger children, play Memory by mixing up and placing face down the pieces to simple matching 2-set of the card, encouraging your child to find the two pieces that make up one set.

Manfaat

Permainan menghafal dianggap sebagai salah satu praktik terbaik untuk memastikan otak anak-anak bekerja secara optimal. Mereka bahkan telah ditemukan memiliki efek menguntungkan pada anak-anak penderita disleksia dalam hal meningkatkan perkembangan kognitif, perhatian, aktivitas otak, memori kerja, daya ingat, dan kinerja membaca mereka.

Bermain

  1. Pastikan set kartu Anda berisi semua pasangan yang cocok.
  2. Kocok dan sebarkan semua kartu pada permukaan datar, menghadap ke bawah.
  3. Kocok kartunya, jumlah kartunya harus genap
  4. Letakkan kartu menghadap ke bawah dalam dua baris
  5. Kartu siap dimainkan! Buka dua kartu secara acak, jika sama biarkan kartu terbuka
  6. Pemain bergiliran memilih dua kartu. Buat pertandingan yang sukses dan Anda bisa mengambil giliran lagi. Tidak ada yang cocok, kartu dikembalikan ke posisi semula.
  7. Ulangi langkah ketiga dan keempat sampai semua kartu dipasangkan
  8. Jika lebih dari satu orang dimainkan, pemenangnya adalah orang yang menemukan pasangan kartu paling banyak
  9. Keberhasilan dalam Memori bergantung pada anak-anak yang mengingat di mana mereka telah melihat setiap gambar pada giliran sebelumnya – baik gambar itu maupun gambar pemain lain.
  10. Pemenangnya adalah orang yang paling banyak mencocokkan pasangan.

Variasi

Dengan anak-anak yang lebih kecil, mainkan Memori dengan mencampur dan menempatkan bagian-bagian menghadap ke bawah untuk mencocokkan 2 set kartu yang sederhana, mendorong anak Anda untuk menemukan dua bagian yang membentuk satu set.

Matching Hijaiyah

Benefit

Matching card help children improve concentration, train visual memory, and improve the ability to find similarities and differences in objects.

 

To Play

  1. Separate each card from its partner
  2. Lay the cards face down in two rows
  3. Let the children match each card, until all the cards meet in pairs
  4. If played by more than one person, play alternately

Variation

At the beginning of the game, start by placing one by one the illustration cards in the first row while telling what objects appear on the cards. It is highly recommended to start right away without giving directions

Manfaat

Kartu yang cocok membantu anak meningkatkan konsentrasi, melatih memori visual, dan meningkatkan kemampuan menemukan persamaan dan perbedaan benda.

Cara Bermain

Pisahkan setiap kartu dari pasangannya

Letakkan kartu menghadap ke bawah dalam dua baris

Biarkan anak-anak mencocokkan setiap kartu, sampai semua kartu bertemu secara berpasangan

Jika dimainkan oleh lebih dari satu orang, mainkan secara bergantian

Variasi

Di awal permainan, mulailah dengan menempatkan satu per satu kartu ilustrasi di baris pertama sambil memberi tahu objek apa yang muncul di kartu tersebut. Sangat disarankan untuk segera memulai tanpa memberikan arahan.

Hijaiyah Writing Card

Benefits

Tracing can help children develop fine motor skills, which can help them in other subjects, such as learning to write. Other benefits of tracking are increased hand / eye coordination, dexterity, and spatial awareness. Those lines are curved and straight, circles, and other forms of muscle and coordination of children, which make it easier for them to switch to writing.

 

How to play

  1. For children aged 2+ Can use the fingers directly and for children aged 3+ can use erasable writing markers
  2. Follow the dotted line written in each hijaiyah letter
  3. Make sure to follow the direction of the line indicated
  4. Practice until you can write fluently

 

Variation

The hands and markers can also be replaced by using a toy dough that is made following the printed lines. Playdough can also be collaborated by making your own at home using cornstarch, handbody and food coloring.

 

Manfaat

Menelusur dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik halus, yang dapat membantu mereka dalam pelajaran lain, seperti belajar menulis. Manfaat lain dari penelusuran termasuk peningkatan koordinasi tangan / mata, ketangkasan, dan kesadaran spasial. Menelusuri garis lengkung dan lurus, lingkaran, dan bentuk lain menyempurnakan otot dan koordinasi anak-anak, yang memudahkan mereka untuk beralih ke menulis.

 

Cara Bermain

  1. Untuk anak usia 2+ dapat langsung menggunakan jari-jari dan untuk anak usia 3+ tahun dapat menggunakan spidol tulis yang bisa dihapus
  2. Ikuti garis putus-putus yang tertera di setiap huruf hijaiyah
  3. Pastikan mengikuti arah garis yang tertera
  4. Latih lah sampai dapat menulis dengan lancar

 

Variasi

Tangan dan spidol bisa diganti juga dengan menggunakan play dough yang dibuat mengkuti garis yang tertera. Playdough juga bisa di elaborasi dengan membuat sendiri dirumah menggunakan tepung maizena, handbody dan pewarna makanan.