Assalamualaikum ayah bunda dan sahabat Alif !
Mengenalkan Al Quran pada anak menjadi suatu kewajiban bagi orang tua dan juga guru, harapannya agar anak kita bisa mengenal Tuhannya melalui kalam-Nya. untuk bisa memahami kalam Allah anak harus mengetahui setiap makna yang terkandung dalam Al Quran.
Alif Iqra menyajikan materi tentang pengenalan Al Quran dengan beberapa materi pembelajaran yang menyenangkan, materi ini terkupul dalam :
“Introducing Al Fatihah and Meanings”
Berikut beberapa materi dan juga cara penggunaanya :
1. Flashcard Surah Al Fatihah and Meanings
Flashcard ini berisi surah Alfatihah dengan arti dan visualisasi gambar yang menggambarkan tentang arti dari surah Al fatihah, materi ini bisa digunakan untuk pembelajaran tatap muka dan juga daring.
Berikut cara penggunaan flashcard :
-
Bacakan surah Al Fatihah sambil menujukkan flashcard satu persatu sesuai urutan ayat.
-
Setiap menunjukkan flashcard, bacakan artinya dan jelaskan lebih dalam tentang artinya sesuai dengan gambar ( silahkan bereksplorasi dalam menjelaskan gambar, hati-hati dalam mengenalkan neraka pada anak ).
-
Setelah selesai ajak anak untuk menggambar atau menuliskan tentang apa yang diketahuinya tentang surah AlFatihah yang baru saja dijelaskan.
2. Worksheet Matching Pictures
Worksheet ini adalah kegiatan lanjutan setelah mengenalkan surah Al Fatihah dengan menggunakan flashcard, kegiatannya adalah anak diminta untuk mencocokkan gambar dengan ayat surah Al Fatihah yang sesuai seperti pada gambar yang ada pada flashcard Al Fatihah.
3. Worksheet Introducing Good Deeds And Bad Deeds
Worksheet ini berisi pengenalan tentang perilaku baik dan buruk yang akan menentukan manusia akan masuk surga atau masuk neraka. kegiatan pada worksheet worksheet ini adalah elaborasi dari surah Al Fatihah ayat 6 dan 7, tujuannya adalah anak memahami perbuatan apa yang di ridhoi dan tidak di ridhoi oleh Allah SWT.
Berikut cara penggunaan Worksheet :
-
Print worksheet yang tersedia
-
Kemudian potonglah gambar-gambar yang ada dibagian bawah
-
Lalu jelaskan pada anak tentang setiap perbuatan yang ada pada gambar
-
Terakhir minta anak untuk menempelkan perbuatan baik dan buruk sesuai dengan boxnya