Alif Iqra Kembali Mengadakan Alif Awards 2022, Apresiasi Kepada Guru Al-Quran Yang Berdedikasi

Tangerang Selatan-  Pada tahun ini, Alif Iqra kembali akan mengadakan Alif Awards 2022 dengan mengangkat tema The Miracle of Teaching: Cultivating the Values of Quran in Shaping teh Future Generations. Ari Armadi, ketua acara Alif Awards 2022, mengatakan, tema tersebut diambil karena melihat besarnya tantangan degradasi moral pada generasi milenial saat ini dan salah satu cara untuk bisa menghadapi semua tantangan tersebut adalah dengan menanamkan nilai-nilai Al-Quran pada anak sejak dini. Acara ini akan diadakan pada hari Minggu, 18 Desember 2022 mendatang.

“Ini merupakan acara untuk mengapresiasi guru Alif Iqra yang sudah berdedikasi tinggi dalam mengajarkan ajaran agama Islam. Alif Awards sudah menjadi acara tahunan Alif iqra sejak 2020 dan pada tahun ini akan menjadi tahun ketiga adanya acara Alif Awards,” katanya.

Berbeda dengan tahun lalu, Alif Award tahun ini akan lebih menarik. Rangkaian dan pengisi acaranya yang berskala nasional antara lain adalah seminar parenting dengan tema “Membentuk Anak yang Kreatif Melalui Lingkungan yang Positif” bersama dua pembicara hebat yaitu Evryanti Putri, M.Psi., Psikolog dari Tiga Generasi, dan Ustadzah Syifa Nur Fadhilah Pendakwah Muslimah Islam Itu Indah.

Pada saat acara Awarding Night akan ada Tausyiah yang diisi oleh K.H. Dr. Ali Nurdin, M.A., seorang wakil rektor PTIQ dan ketua pembina PSAQ. Selanjutnya tidak lupa Alif Awards 2022 juga akan menghadirkan seorang stand up comedian yaitu Sakdiyah Ma’ruf sebagai Guest Stars.

Alif Awards juga merupakan ajang silaturrahmi dan bonding virtual keluarga besar Alif Iqra yang terdiri dan staff managemen, guru, orang tua, dan murid di seluruh Indonesia. Dengan adanya Alif Awards ini diharapkan guru semakin termotivasi untuk terus meningkatkan kompetisinya sehingga bisa memberikan pendidikan terbaik untuk murid Alif Iqra dan meningkatkan rasa bangganya sebagai guru ngaji Alif Iqra. Serta dapat menggemakan semangat belajar Al-Quran yang ramah dan menyenangkan bagi anak kepada masyarakat luas melalui Alif Iqra.

15 Guru Alif Iqra Yang Akan Mendapatkan Penghargaan

Pada acara Award Alif kali ini, terdapat 15 guru mengaji yang akan mendapatkan penghargaan dengan kategori sebagai berikut:

  1. Most Active Teacher in Monthly Meeting
  2. Most Active Teacher in Social Media
  3. Best Quran Reciter
  4. Best Alif School Teacher
  5. Best Alif Montessori School Teacher
  6. Best Regional Coordinator
  7. Most Creative Teacher
  8. Best Yasin -Solawat Teacher
  9. Best Student Report
  10. Best English-Spoken Teacher
  11. Most Committed Teacher
  12. Most Promising Teacher
  13. Male Teacher of the Year
  14. Female Teacher of the Year
  15. Most Favorite Teacher

Mulanya, menjadi guru ngaji selalu dianggap profesi yang tidak menjanjikan oleh sebagian orang. Bahkan orang cenderung meremehkan profesi guru ngaji. Sebagian orang tua pun lebih rela mengeluarkan biaya yang lebih mahal untuk mendaftar anaknya kursus piano, berenang, dan bahasa asing dibandingkan dengan mengaji. Tetapi kini image seorang guru ngaji sudah berubah. Seperti yang diucapkan Miss Nur Kholishoh, pemenang Best Monthly Meeting Alif Awards 2021, “Kalau dulu image guru ngaji itu ‘hanyalah’, kalau dari Alif Iqra itu sekarang ‘Adalah’”.