KEUTAMAAN SHOLAT

Sahabat, ternyata setiap perintah yang Allah berikan kepada hambanya mengandung banyak hikmah dan pelajaran. Salah satu bentuk kebesaranNya bisa kita lihat, didalam gerakkan sholat.

Sholat ternyata bukanlah sekedar ritual semata, ia memiliki banyak manfaat dan keistimewaan baik dari untuk psikis dan fisik bahkan sangking istimewanya, banyak riwayat yang mengatakan, kalau kamu ingin meubah hidupmu maka mulailah dari sholat.

Adapun keutamaan-keutamaan sholat adalah :

1.      Sholat adalah bentuk rasa syukur

–          Sudah menciptakan dunia dan isinya

–          Memberi

kita indera yang sempurna

–          Memberi rezeki ilmu dan segala hal yang tak pernah kita minta

2.      Suplemen ruhania untuk jiwa.

Sering kali kita dapat mengahbiskan banyak uang untuk merawat raga yang terlihat, tapi sering lupa untuk merawat ruh da jiwa yang umurnya ratusan tahun lebih lama disbanding raga.

3.      Sholat adalah bentuk penghormatan tertinggi seorang hamba kepada tuhannya.

Bagaimana tidak, semua jenis penghormatan ada didalam sholat, baik dari mengangkat tangan, menundukkan badan, menempelkan kening ke lantai, bahkan dalam ucappannya pun. Sholat adalah bukti kerendahan hati seorang hamba sekaligus bentuk penghormatan tertinggi hamba kepada tuhannya.

 

Writter : Dinda Kelsi Praminda

Sumber           : Muhammad bin Ahmad Al-Qurthubi, Al-Jâmi’ li Ahkâmil Qur’ân, Kairo, Darul Hadis, 2010, jil. VII, hal. 523) dan berbagai sumber.

Kontributor          : Dinda Kelsi Praminda