Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya. (QS. Al-Maaidah : 88)

Sahabat Alif, ma sya Allah barakallah, agama Islam adalah agama rahmatan lil alamin, terbukti jelas, dalam perkara pola makanan pun sudah diatur sedekian rupa oleh Allah, pada hakikatnya semua makanan yang berasal dari Allah adalah baik namun ada berbapa makanan yang special dan diabadikan di dalam Qurán karena keistimewaaaya, Adapun beberapa makanan sehat yang Allah sebutkan dalam Al qur’an adalah sebagai berikut :

Daging dan ikan.
وَالْأَنْعَامَ خَلَقَهَا ۗ لَكُمْ فِيهَا دِفْءٌ وَمَنَافِعُ وَمِنْهَا تَأْكُلُونَ

“Dan Dia telah menciptakan binatang ternak untuk kamu; padanya ada (bulu) yang menghangatkan dan berbagai-bagai manfaat, dan sebahagiannya kamu makan, Q.S. An Nahl ayat 5.”

Daging memiliki kandungan lemak yang dibutuhkan tubuh dan begitupula ikan memiliki kandungan protein tinggi, olahan dari daging yang lezat membuat banyak manusia sangat menyukainya, maka tak jarang daging adaalah makanan pokok yang sangat diminati berbagai kalangan, namun tetap saja meskipun mengenyangkan dan lezat kita harus tetap memiliki batasan ketika memakannya, salah seorang dokter ahli gizi Dr. Zaidul Akbar menulis dalam bukunya “jurus sehat ala rasullullah” dan salah satu tips agar daging menjadi protein yang menyehatkan adalah, makan  sebelum kenyang agar makanan membawa kebaikan bukan penyakit.

2. Susu

وَإِنَّ لَكُمْ فِي الْأَنْعَامِ لَعِبْرَةً ۖ نُسْقِيكُمْ مِمَّا فِي بُطُونِهِ مِنْ بَيْنِ فَرْثٍ وَدَمٍ لَبَنًا خَالِصًا سَائِغًا لِلشَّارِبِينَ

“Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya” (Q.S An-Nahl :66).

Dalam Al Qur’an Allah sudah membahas bagaimana proses terjadinya susu pada hewan didalam penuh jauh sebelum ditemukan teknologi yang canggih untuk menelitinya.

3. Buah dan sayuran

وَمِنْ ثَمَرَاتِ النَّخِيلِ وَالْأَعْنَابِ تَتَّخِذُونَ مِنْهُ سَكَرًا وَرِزْقًا حَسَنًا ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

“Dan dari buah korma dan anggur, kamu buat minimuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sesunggguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memikirkan” (Q.S. An Nahl ayat 67).

Dalam al qur’an paling sering disebutkan adalah anggur dan kurma pada Q.S. An Nahl ayat 67. Menurut dr. Zaidul Akbar dalam postingan instagramnya 24 Juni 2019, kurma memiliki segudang manfaat mulai dari sehat tinggi,zat besi, folat, enzim dan bahkan bisa dijadikan lauk dengan dicampur nasi merah/hitam dan sambal.

4. Madu (Q.S. An Nahl ayat 69).

ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.

Madu memiliki banyak keberkahan, dijelaskan dalam video Dr. Zaidul Akbar #sobatherbal bahwa ketika kita mengonsumsi madu secara rutin akan menetralisir dan mengeluarkan toxic tubuh. Jadi, Islam itu sangat indah, pola makanan dan jeni maknanan sehat pun dijelaskan dan diajarkan secara detail di dalam Al Qurán, jauh sebelum para dokter dan para insyur melakukan penelitian dan menemukan tekhnologi.

Tunggu apalagi,  Yuk kita semakin semangat mengaji dan meng-kaji Al Qur’an.

Kontributor            : Dinda Kelsi Praminda