Tak terasa tinggal menghitung hari kita akan bertemu dengan bulan suci Ramadhan.  Bulan yang penuh berkah, seluruh pahala akan dilipat gandakan di bulan Ramadhan, dan waktu yang mustajab bagi kita untuk berdoa kepada Allah SWT. Oleh sebab itu, sebelum memasuki bulan Ramadhan kita perlu perbanyak persiapan untuk menunjang ibadah kita. Ayah, Bunda, dan Sahabat Alif di rumah yuk simak bekal apa saja yang bisa kita siapkan untuk menyambut bulan puasa.

Pertama adalah meningkatkan Iman dan Taqwa kita kepada Allah. Iman dan taqwa merupakan pondasi yang utama dalam beribadah kepada Allah karena hal ini yang akan berpengaruh kualitas ibadah kita dan Allah akan menolong menolong hambanya yang beriman dan bertaqwa. Sebagaimana dalam hadits Nabi Muhammad SAW yang berbunyi:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barang siapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari No. 38 dan Muslim No. 760).

Bekal kedua adalah membayar hutang puasa sebelumnya. Sahabat Alif di rumah sudah mengganti semua hutang puasa belum? Jika belum, wajib segera dibayar ya karena setiap muslim wajib hukumnya untuk mengganti hutang puasa sebelumnya. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT. :

وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ

“Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.” (QS. Al-Baqarah:185).

Bekal ketiga adalah mendalami ilmu agama. Ilmu yang bisa kita perdalam adalah pengetahuan tentang hal-hal yang membantalkan puasa, hikmah puasa Ramadhan, sholat tarawih, i’tikaf di masjid, dan zakat fitrah. Dengan ilmu-ilmu tersebut, kita dapat menyempurnakan ibadah puasa kita.

Bekal keempat adalah persiapkan fisik dan jasmani. Perubahan pola makan pada saat berpuasa sangat berpengaruh terhadap kondisi fisik dan jasmani kita. Oleh sebab itu, kita harus menyiapkan fisik dan jasmani kita secara optimal sebelum berpuasa, seperti: berolahraga, memperbaiki pola makan yang sehat dan jam makan yang teratur. Serta, penting juga untuk kita mengatur waktu tidur agar terbiasa bangun sahur ketika berpuasa.

Terakhir, bekal yang bisa dilakukan adalah memperbanyak membaca al-Quran karena bulan Ramadhan merupakan bulan yang tepat untuk kita fastabiqul khairat (Berlomba-lomba dalam kebaikan). Terutama dalam hal membaca al-Quran karena pahala membaca al-Quran orang berpuasa akan dilipat ganda, seperti sabda Rasulullah SAW yang artinya:

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur`an maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. Bukhari).