Seperti yang kita ketahui bulan Ramadhan adalah bulan penuh kemuliaan. Allah SWT memuliakan bulan penuh berkah ini menjadi salah satu bulan yang memiliki keistimewaan. Oleh karena itu kita dapat berlomba-lomba dalam bertaqwa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT untuk menggapai kemuliaan di akhirat kelak. Hal ini terkandung dalam sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

رَمَضَانُ شَهْرُ اللهِ وَفَضْلُهُ عَلَى سَائِرِ الشُهُوْرِ كَفَضْلِ اللهِ عَلَى خَلْقِهِ

Yang artinya:

“Ramadhan adalah bulan Allah. Keutamaannya dibanding dengan bulan-bulan lainnya adalah bagaikan keutamaan Allah dibanding dengan hamba-hamba-Nya”.

Keistimewaan bulan Ramadhan tidak luput dari ibadah utamanya, yaitu puasa. Ibadah ini istimewa karena bersifat rahasia. Kerahasiaan puasa hanya diketahui oleh Sang Pencipta dan orang yang sedang menjalankan ibadah puasa tersebut. Seperti yang tertera dalam hadits yang diriwayatkan oleh oleh Bukhari (1761) dan Muslim (1946):

فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ

Yang artinya: “Sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya”.

Sahabat Alif, puasa juga memiliki keistimewaan berupa perisai loh. Ibadah puasa dapat menjadi perisai kita dari godaan hawa nafsu yang menggiring kepada batalnya puasa seperti: makan, minum, dan syahwat. Dengan berpuasa, kita melatih diri untuk menahan hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT. Selain itu, kita juga melatih diri kita untuk melaksanakan hal-hal yang Allah senangi, seperti: sholat sunnah, berdzikir, dan lain-lain.

Selain keistimewaan di atas, orang muslim yang berpuasa di bulan Ramadhan juga akan mendapat jaminan berupa ampunan seluruh dosa-dosanya. Seperti hadist Nabi Muhammad SAW:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barang siapa yang puasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu (QS. Bukhari no. 2014).”

Ayah, bunda, dan Sahabat Alif di rumah dengan banyaknya keistimewaan puasa Ramadhan mari kita manfaatkan kesempatan bertemu dengan bulan Ramadhan ini dengan memperbanyak ibadah kepada Allah, memperbaiki kualitas keimanan kita kepada Allah, dan menjauhi semua hal-hal yang Allah larang. Mari kita anggap beribadah di bulan Ramadhan tahun ini seperti ibadah puasa terakhir kita. Agar kita dapat memaksimalkan ibadah kita dengan sebaik-baiknya.