Alhamdulillah setelah melewati proses perencanaan, uji coba materi dan kelengkapan berkas pada 15 Juni 2023 kemarin Alif Training Centre (ATC) telah resmi diakui sebagai Lembaga Kursus dan Pelatihan Guru Privat Profesional dengan SK : 563/13-DPMPTSP/OL/2022 dan NPSN K9998671 dengan demikian sertifikat pelatihan yang didapatkan oleh seluruh pengajar Alif Iqra diakui secara nasional.

Alif training centre adalah lembaga pelatihan yang memiliki cita-cita meningkatkan kualitas pengajar sektor non-formal di Indonesia. Dengan semangat untuk terus berkembang ATC berkomitmen untuk memfasilitasi dan memberikan serangkaian program pelatihan dan pengemabangan guru untuk menjawan tantangan dan kebutuhan dimasa sekarang dan yang akan datang.

       

Bekerjasama dengan Tim Tilawati Centre dan berbagai instruktur pendidikan yang berpengalaman di bidangnya sampai saat ini ATC telah membrikan pelatihan kepada lebih dari 500 guru privat Alquran di seluruh Indonesia. Program pelatihan ini mencakup seluruh kompetensi yang dibutuhkan oleh guru modern saat ini. Baik kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial.

       

Menurut Direktur ATC, Ari Armadi, M.Tesol, kedepannya “Bisa menjadi pusat  dan penyedia jasa pelatihan tidak hanya untuk Alif Iqra saja. Karena Alhamdulillah kita kan sudah diakui oleh KEMENDIKBUD RISTEK RI, jadi kita berharap bisa berkontribusi lebih baik dan lebih besar untuk agama dan negara untuk mencapai cita-cita pengembangan guru al quran dan pendidikan islam di Indonesia yang lebih baik.”

Lebih lanjut lagi ia menyatakan bahwa kualifikasi dan kempetensi bagi guru privat Alquran ini penting, karena biasanya pengajar privat yang berada di sektor non-formal kurang mendapat perhatian karena minimnya sertifikasi yang bertaraf nasional.

Kedepannya Tim ATC terus berusaha untuk menjadi institusi pertama di Indoensia yang melakukan uji kompetensi guru privat Alquran dan melakukan pengembangan program pelatihan guru yang bisa menyasar kelompok-kelompok minoritas seperti tuna rungu dan tuna netra.

Sukses selatu ATC!